GKPS Laksanakan Paskah Subuh Cerita

0
7

Tanjungpinang, Faktaperistiwanews.co.id – (Sempadanpos)-Paskah menjadi salah satu rutinitas keagamaan yang dilaksanakan umat kristiani diseluruh Dunia. Tidak terkecuali bagi jemaat simaluggun protestant Cristian church (gereja kristen protestan Simalungun) atau GKPS Sungai Jang Tanjungpinang, Minggu (31/3-2024).

Sebelum menjalani ibadah paskah subuh, umat kristiani merayakan Jumat Agung, tentang reflesi penyaliban Yesus di kayu salib. Tentang penderitaannya Demi penebusan dosa manusia.

Pukul 5 subuh ibadah paskah (kebangkitan Yesus dari kematian) dimulai. Ditemani api unggun, suasana hikmat ibadah paskah subuh semakin terasa dalam. Pendeta Delviana boru Purba, Sth membawakan firman dengan lugas. Ia mengambil natd dari Matius 28 ayat 1 hingga ayat 10.

Ia juga melakukan komunikatif dengan jemaat yang bergabung dengan 4 seksi. Seksi lansia, seksi wanita, seksi bapa dan seksi sekolah Minggu.

Dalam sesi tanya jawab itu yang sangat responsif bagi yang bisa menjawab pertanyaan diberi hadiah hiburan yang disambut senyum hangat jemaat.

Hingga pukul 6 pagi ibadah paskah subuh selesai dilanjutkan dengan senam kebugaran dan sarapan pagi. Untuk seksi bapa, wanita dan lansia ibadah dilanjutkan didalam gereja sedangkan khusus seksi sekolah Minggu melanjutkan kegiatan perlombaan paskah berupa cerdas cermat alkitab dan memecahkan telur paskah bagi anak-anak sekolah Minggu (ASM) kelas besar. Untuk ASM kelas kecil mewarnai telur paskah dan lomba makan pisang.

Sebelumnya saat ibadah paskah subuh anak-anak sekolah Minggu tersebut menjalani kegiatan mencari telur paskah. Dan ini merupakan kegiatan favorit saat perayaan paskah Karena mencari telur paskah menjadi ritual yang tidak bisa dilewatkan dan paskah disimbolkan dengan telur yang bermakna kelahiran baru.

Untuk setiap sesi lomba ASM kelas besar di bagi dalam kelompok sedangkan ASM kelas kecil mewarnai telur paskah dan majan pisang secara individual atau perorangan.

Kegiatan ini dikoordinator oleh kakak-kakak guru sekolah Minggu yang hebat seperti Mayesi ulita Sinaga yang juga menjabat sebagai sekretaris dalam kepengurusan sekolah Minggu, ada Kak Lena Saragih, kak Asneli Purba yang menjabat bendahars, kak Selmaria purba dan kak lanni Lubis yang menjabat wakil ketua. Dan ketua sekolah Minggu Bertiani purba. Meski dalam keadaan kurang sehat ketua yang bersahaja ini tetap memberikan support, luar biasa memang.

Para pemenang lomba diumumkan hari itu juga. Untuk cerdas cermat Alkitab juara 1 dimenangkan tim Glen Saragih bersama Mika Sitio, Dora Pardosi, Roben dan priscila purba. Juara 2 dimenangkan tim Anggido Sinaga bersama rekannya Grace Saragih, Kayla Tondang, priscila purba dan imanuel Sitio. Untuk juara 3 kelompok Fernando tondang dan teman-teman.

Untuk lomba injak telur paskah kelompok Anggido Sinaga bersama Justin Saragih, priscila purba, Benyamin Saragih berhasil menjadi juara 1 ditempat kedua dimenangkan tim Glen bersama Dora, Mika, priscila dan Roben.

Untuk kelas kecil mengambar telur paskah tingkat belum sekolah dimenangkan oleh Vanesa sumbayak sebagai juara 1 dan yoyo Sibarani diposisi kedua. Untuk tingkat sekolah dimenangkan oleh Sando Sinaga sebagai juara 1 dan geral Saragih sebagai juara 2.

Mencari telur paskah Anggido Sinaga lagi-lagi mendapatkan telur paskah merah diikuti Sando Sinaga sebagai pencari telur paskah terbanyak diikuti diposisi terakhir Priskila purba. Lomba makan pisang marcel Sitio berhasil menjadi pemenang satu dan feli Pardosi sebagai juara 2 untuk kelas kecil yang sudah sekolah. Sedangkan untuk kelas kecil belum sekolah ada Gio Tondang sebagai juara 1 dan yoyo diposisi ke 2.

Semua prosesi kebaktian berjalan lancar hingga ibadah selesai. Dan saat ibadah pun personel polisi mendatangi gereja untuk mengecek keamanan ibadah paskah.

Reporter: Leni**

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini