Universitas Bakrie Gelar Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Dalam Bentuk Pelatihan

0
11

JAKARTA, faktaperistiwanews.co.id – Dosen dan Mahasiswa Universitas Bakrie melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Semester Ganjil 2021-2022 dalam bentuk pelatihan kepada Mitra Kegiatan yaitu Yayasan Radiyatan Mardiyah Prumpung yang terletak di Prumpung Jakarta Timur. Pelatihan dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021 secara daring menggunakan zoom meeting. Tema pelatihan yang dilakukan pada kesempatan tersebut adalah “Transparansi dan Akuntabilitas Entitas Berorientasi Non Laba (Yayasan) dari Perspektif Hukum, Komunikasi, dan Keuangan”. Demikian disampaikan Bu Jurica salah seorang narasumber pelatihan.

Tim PkM Universitas Bakrie terdiri dari tiga dosen yang berasal dari Program Studi Akuntansi, Komunikasi, dan Teknik Informatika, satu mahasiswa dari program studi akuntansi, dan satu alumni program studi Akuntansi, serta didukung satu dosen program studi Hubungan Internasional Universitas Bakrie yang memberi materi dari perspektif hukum.

Kegiatan PKM ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai pentingnya transparansi dan akuntabilitas Yayasan dari perspektif hukum, komunikasi, dan keuangan. Pelatihan ini merupakan kegiatan PkM lanjutan dari Semester Genap 2020-2021 yaitu kegitan pelatihan yang pertama yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu pelatihan “Implementasi Pelaporan Keuangan Yayasan Berbasis Digital Berdasarkan Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) 35”.

Acara kegiatan PKM dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom dengan satu dosen dan satu mahasiswa yang berada di tempat pelatihan guna memberikan pengawasan dan bantuan terkait teknis pelaksanaan kegiatan kepada anggota dan pengurus yayasan. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah pengurus Yayasan Radiyatan Mardiyah (YRM). Pembicara pada kegiatan PKM ini berjumlah empat orang. Pembicara pertama yaitu Dr. Tuti Widiastuti, M.Si. dosen program studi Komunikasi dengan materi berjudul “Komunikasi dan Struktur Organisasi”. Pembicara kedua yaitu satu seorang pembicara tamu dengan latar belakang hukum, Bani Pamungkas, S.H., M.Si., MPA., C.L.A., CRMP dengan materi “Kerangka Regulasi Pendirian dan Pengelolaan Badan Hukum Yayasan”. Pembicara ketiga yaitu Dr. Jurica Lucyanda, S.E., M.Si dosen program studi Akuntansi yang memberikan materi mengenai “Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Yasayan”. Pembicara keempat yaitu Berkah Iman Santoso, S.T., M.T yang memberikan penjelasan terkait penambahan software akuntansi yang sudah dibuat pada kegiatan PkM sebelumnya sebagai kontrol.

Setelah semua pembicara selesai memaparkan materi, dilakukan diskusi dan kegiatan tanya jawab guna terjadinya interaksi dua arah dengan peserta pelatihan. Peserta diberi kebebasan dalam bertanya, baik yang terkait materi pada hari itu ataupun pertanyaan mengenai kendala yang mereka hadapi saat mengguakan software akuntansi yang sedang mereka coba terapkan di Yayasan.

” Acara berlangsung dari pukul 09.30 sampai 13.00 WIB dan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Pak Berkah “, pungkas Bu Jurica mengakhiri keterangan.

(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here