Sat Lantas Polres Kotim Melaksanakan Sosialisasi Cegah Anak Mengendarai Motor.

0
6

Kotim,faktaperistiwanews.co.id – (13/10/2021) – Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan lalu lintas yang melibat anak di bawah umur, Sat Lantas Polres Kotim Jajaran Polda Kalteng melaksanakan berbagai macam kegiatan.

Selain imbauan melalui media sosial dan Pemasangan Spanduk kali ini Satlantas Polres Kotim mengadakan pertemuan dengan perwakilan Para Orang tua dari beberapa sekolah tingkat SMP/MT, berkaitan dengan masih banyaknya anak pelajar di Kabupaten Kotim yang mengendarai kendaraan bermotor.

Kegiatan di Laksankan di Aula TMC Sat Lantas Polres Kotim Jl. Yos Sudarso Sampit, ada sekitar 25 orang tua para Siswa siswi yang hadir saat kegiatan tersebut.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin S.I.K M.Si Melalui Kasat Lantas Polres Kotim AKP Salahiddin S.H.,S.E memimpin Langsung kegiatan dan saat saat di mintai keterangan menjelaskan kegiatan ini merupakan sosialisasi pencegahan anak di bawah umur berkendara, yang di namakan Program CAMOT (cegah anak mengendarai Motor) dan merupakan upaya nyata dari sat lantas polres kotim yang peduli dengan keselamatan anak anak di bawah umur.

Ini di karenakan, pengendara yang belum cukup umur rawan terlibat kecelakaan, dan angka kecelakaan yang melibatkan pelajar di bawah umur masih cukup tinggi.

Banyak nyawa yang melibatkan anak di bawah umur berkendara yang telah jatuh di jalan raya, ini merupakan salah satu upaya kami untuk mencegahnya,’’ tutur kasat

Di antaranya, bahaya bersepeda motor bagi yang belum cukup umur adalah kecelakaan di Jalan, Selain itu, ada sanksi terhadap para pelanggar terutama anak di bawah umur, Sesuai dengan Undang-Undang tentang LLAJ, pada pasal 77 ayat (1) disebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki SIM sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan.

Berdasar pasal 281, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak memiliki SIM dipidana dengan pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta.

Kasat Juga mengajak Para Orang tua untuk bersama sama mencegah anak anak di bawah umur berkendara, Lebih baik meluangkan waktu untuk mengantar anak anak kesekolah, tambahnya

Jangan sampai semuanya terlambat, Jangan sampai anak anak yang kita cintai menjadi Korban Kecelakaan lalu lintas, ujar kasat.

Saat kegiatan kasat juga menghimbau agar para orang tua bisa bersama sama mematuhu imbauan Pencegahan anak mengendarai kendaraan ini, tentunya dengan harapan para anak anak pelajar nantinya bisa mejadi pelopor keselamatan berlalu lintas sejak usia dini dan paham betul tertib lalu lintas, sehingga kedepannya tidak ada lagi anak anak kita yang terlibat kecelakaan, terang Kasat

Kasat juga mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang besedia hadir dan meluangkan waktu ke sat Lantas Polres Kotim.

Mengingat masih pendemi Covid-19, Peserta kegiatan kali ini juga kita batasi dan mengikuti aturan protokol Covid-19. tutup Kasat. (sh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here