Latihan Gabungan Brimob Jabar dengan BPBD Kab. Garut Asah Kemampuan SAR Vertical Rescue

0
23

Garut, Faktaperistiwanews.co.id – Provinsi Jawa Barat terkenal dengan kontur Geografisnya yang di dominasi pegunungan, tebing curam di dan sesar lembang yang sewaktu-waktu bergerak menimbulkan gempa yang besar ditambah beberapa daerah yang rawan terjadi banjir harus diantisipasi sejak dini, untuk itu jajaran Satbrimob Polda Jabar harus dibekali dengan kemampuan Search and Rescue (SAR) untuk menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi di seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat yang bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dengan kehadiran anggota Brimob di suatu lokasi bencana.

Anggota jajaran Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar bersama dengan anggota BPBD Kab. Garut melaksanakan kegiatan latihan SAR dengan materi Mountainering dan Vertical Rescue ketika menghadapi evakuasi korban longsor atau Kecelakaan baik mobil maupun pesawat yang mana bertujuan mengasah kemampuan personil ketika menghadapi tugas SAR personil siap dengan berbagai macam situasi mengingat saat ini situasi cuaca hujan dan tidak dapat di prediksi kejadian bencana alam bisa terjdi kapan saja dan dimana saja dengan situasi lokasi bencana yang tidak diketahui apakah curam atau datar.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K. mengatakan di tempat terpisah bahwa “Kegiatan latihan Kemampuan ini harus selalu dilaksanakan oleh personil Satbrimob Polda Jabar sebagai wujud bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat salah satunya adalah Latihan SAR yang mana merupakan salah satu kemampuan daripa personil Brimob apalagi ditengah cuaca yang tidak menentu dibutuhlan kesiapsiagaan personil dengan kemampuan mumpuni sesuai dengan Moto Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan”.

“Kemampuan Search And Rescue (SAR) ini harus terus diasah oleh personil Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar guna menghadapi penugasan Kemanusiaan seperti penanggulangan Bencana Banjir, Longsor maupun Pencarian Orang hilang mengingat Zona Back Up kita merupakan Zona Merah rawan Bencana seperti Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran sebagai bentuk dari Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat” Ujar Danki 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar AKP Ahmad Hidayat.

(Jeni)**

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini