Kurang kuota Perempuan, Bawaslu Padang Lawas Perpanjang Kembali Pendaftaran Panwascam

0
157

Padang Lawas, Faktaperistiwanews.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Lawas kembali memperpanjang pendaftaran penerimaan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), ini disebabkan kurangnya Kuota keterwakilan perempuan yang seharusnya ada 30 persen dalam pendaftaran Panwascam di Kabupaten Padang Lawas, dan masih belum terpenuhi. Padahal, pendaftaran sudah ditutup Selasa (26/9/22) kemarin.

“Berdasarkan data hingga ditutup pendaftaran, tercatat jumlah pendaftar sebanyak 234 orang, dengan rincian 181 laki-laki dan 53 perempuan,” kata Ketua Bawaslu Padang Lawas, Rahmat Efendi Siregar SS, didampingi Komisioner Bawaslu Ahmad Faisal Nasution dan Sekretaris Bawaslu Erwin Saleh Siregar, Sabtu (1/10/22), kepada beberapa Media.

Rahmat menambahkan, Panwascam yang dibutuhkan sebanyak 6 orang per kecamatan, tetapi kuota perempuan harus 30% dari jumlah pendaftar. Sedangkan pendaftar melalui surat elektronik secara daring tidak ada.

“Ada 13 kecamatan yang belum terpenuhi kuota 30 persen perempuan dalam pendaftaran Panwascam yang akhirnya pendaftaran diperpanjang,” ucap Rahmat.

Bawaslu Kabupaten Padang Lawas memperpanjang Pendaftaran Panwascam, dimulai Minggu (2/10/22) sampai Sabtu (8/10/22) dan mengajak kaum perempuan untuk mendaftarkan diri sebagai pengawas Pemilu 2024 dengan mendaftarkan diri sebagai Panwascam.

“Sekali lagi kami pertegas, Bawaslu Padang Lawas membutuhkan sebanyak 6 orang Panwascam per kecamatan yang akan bekerja di 17 kecamatan di Padang Lawas. Masing-masing kecamatan memiliki tiga anggota dengan keterwakilan perempuan 30 persen di masing-masing kecamatan,” terangnya.

Lanjut Rahmat, pedoman pelaksanaan pembentukan Panwascam untuk Pemilu serentak tahun 2024 menegaskan, pendaftaran wajib memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan di setiap kecamatan.

“Jika ketentuan itu tidak terpenuhi, maka masa pendaftaran Panwascam diperpanjang untuk memenuhi keterwakilan 30 persen perempuan tersebut,” ungkapnya.

Reporter : ASWIN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini