Hemat Pangkal Kaya, Mahasiswa UMG Adakan Penyuluhan Manajemen Pembuatan Kas Harian Kepada Siswa SD

0
78

GRESIK , Faktaperistiwanews-co.id Menindak lanjuti kegiatan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) yang terbentuk dalam sistem KKN (Kuliah Kerja Nyata) kelompok 4. Kini melaksanakan kinerja pembuatan kas harian dengan program studi manajemen keuangan.

Program kerja mahasiswa KKN ini di bimbing langsung oleh Suaibatul Aslamiyah, S.AP., M.M selaku Dosen dan dipimpin ketua KKN Abu Rizal Firmansyah di dampingi Kepala Sekolah MI Nurul Ulum Drs.Sholih . Program tersebut dilakukan di Desa Betoyoguci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Minggu (20/03/2022).

Terlaksananya program studi manajemen keuangan sejak tanggal 5 Febuari 2022. Sasaran utama yang efektif yaitu siswa-siswi di tingkat Sekolah Dasar (SD) sebagian dari generasi muda penerus bangsa.

“Selaku ketua KKN dari mahasiswa UMG Abu Rizal Firmansyah memaparkan, pentingnya meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap pola hidup hemat bagi siswa-siswi tingkat sekolah dasar di MI Nurul Ulum yang ada di Betoyoguci ini,” ucap Abu Rizal Firmansyah.

Tujuan utama dari program ini adalah, agar para siswa-siswi dapat mengetahui pentingnya pembuatan kas pengeluaran dan pemasukan dana serta pemahaman mengenai tabungan, dalam penerapan pola hidup hemat di kehidupan sehari-harinya.

“Manfaatnya dari kegiatan ini, mengajarkan sikap terhadap generasi muda tentang menjaga keuangan mereka sendiri yang di mulai sejak kini hingga berguna di masa mendatang,” kata ketua KKN yang akrabnya di panggil Abu.

Penerapan pola hidup hemat di kehidupan sehari-hari supaya gaya hidup seseorang tidak berlebihan, hemat dalam membelanjakan uang untuk berhati-hati. Tidak boros serta dapat di sesuaikan dengan pendapatan dan kemampuan seseorang.

“Ada kata pepatah, “Hemat Pangkal Kaya” yang artinya jika inggin hidup kaya atau mensejahterakan hidup di masa depan maka berhematlah,” terang Abu.

Masih lanjut, cara penerapan pola hidup hemat dalam sehari-hari seorang dimulai dengan membatasi pengeluaran dari dana yang di terima oleh seseorang, kemudian di lanjutkan menabung sebagian penerimaan untuk keperluan mendadak di masa depannya.

Justru itu, Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Gresik melakukan kegiatan program penyuluhan manajemen keuangan yang diberikan kepada siswa kelas 6 melalui belajar mandiri di kelas.

Tak hanya disitu saja, Mahasiswa KKN menunjukkan bagaimana cara membuat kas harian tentang pengeluaran dan pemasukan hingga bagaiman pemahaman cara menabung.

Mahasiswa KKN melatih konsentrasi dan keakraban kepada anak, dengan memberikan materi mengenai cara melakukan penghematan serta menabung dari uang jajannya. Selanjutnya, mengajak siswa-siswi untuk sesi tanya jawab.

Melalui cara pembagian kertas yang berisi soal pengeluaran dan penerimaan, siswa mengisi lembaran kertas tersebut dengan benar. Sebagai bentuk ucapan terimakasih dan apresiasi mahasiswa KKN memberikan hadiah berupa seperangkat alat tulis yang dapat bermanfaat dalam kegiatan belajar.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini mahasiswa KKN berharap siswa-siswi bisa menambah ilmu terutama dalam hal mengatur keuangan sejak dini, hasil dari kegiatan ini siswa-siswi bisa menerapkan cara mencatat kas harian yang bermanfaat di masa mendatang dan dengan menerapkan hidup hemat.” tutup dari ketua KKN Abu. ( Anang )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini