AZP Bersama Pimpinan DPRD Tandatangani Nota Kesepakatan Ranperda P-APBD 2022

0
92

Padang Lawas, Faktaperistiwanews.co.id – PLT Bupati Padang Lawas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si (AZP) dan Pimpinan DPRD Kabupaten Padang Lawas diantaranya Ketua Amran Pikal Siregar S.SosI bersama Wakil Ketua I H Irsan Bangun Harahap SE dan Wakil Ketua II Sahrun Hasibuan menandatangani bersama Penetapan/Pengesahan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD (Ranperda P-APBD) TA. 2022, pada Rapat Paripurna di kantor DPRD Jalan Karya Pembangunan Sibuhuan, Jumat (30/09/22), pukul 14.00 wib.

Hadir dalam kesempatan tersebut, 23 anggota DPRD Padang Lawas, Kapolres Padang Lawas AKBP Indra Yanitra Irawan, S.IK, Pabung Kodim 0212/TS Kapten ARH Soleh Hasibuan, Perwakilan Kajari, Perwakilan PN Sibuhuan, Para Staf Ahli Bupati, Asisten, dan Pimpinan OPD serta Camat se Kabupaten Padang Lawas.

Dalam pidatonya, PLT Bupati AZP mengatakan, bahwa Proses penyusunan P-APBD yang telah ditempuh melalui mekanisme yang disyaratkan dalam Permendagri Nomor 77 Tahun 2022 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah yaitu dimulai dengan pembahasan perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA )dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS ) penyusunan perubahan RK-SKPD kemudian dilanjutkan dengan penyusunan Ranperda P-APBD TA 2022.

Proses penyusunan P-APBD TA. 2022 juga mempedomani Permendagri Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Pedoman Penyusunan APBD TA.2022.

Ia juga mengatakan bahwa terlaksananya mekanisme tersebut merupakan wujud kepedulian dan kerja keras bersama antara pemerintah daerah dan DPRD dalam mengimplementasikan regulasi peraturan pemerintah terutama dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah untuk mencapai tujuan visi dan misi pembangunan yang tertuang dalam dokumen perencanaan Kabupaten Padang Lawas.

Selanjutnya AZP mengatakan bahwa penetapan Ranperda telah dilalui dengan mekanisme konsultasi, klarifikasi serta konfirmasi antara pemerintah dan DPRD dalam pembahasan materi sidang yang disertai pengungkapan pendapat/argumentasi yang dilaksanakan dalam suasana demokratis, musyawarah dan mufakat dengan tujuan untuk menghasilkan yang terbaik bagi kepentingan daerah. Hal ini merupakan cerminan fungsi kesetaraan dan kemitraan antara DPRD dan Pemda dalam mewujudkan kewenangan dalam rangka penyelenggaraan otonomi yang seluas-luasnya dalam bingkai NKRI.

“Atas curahan tenaga pikiran dari DPRD dan pemerintah dalam menyelesaikan agenda persidangan yang membahas Ranperda P-ABBD TA.2022 saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dan bila dalam pelaksanaan sidang terdapat silang pendapat atau hal-hal yang kurang berkenan di hati bapak dan ibu anggota dewan yang terhormat kami memohon untuk dimaafkan, atas segala pengertian dan dukungan seluruh anggota dewan dan seluruh masyarakat Padang Lawas saya ucapkan terima kasih, ujar Plt. Bupati.

Sebelumnya Badan Anggaran telah menyampaikan laporan Badan Anggaran terhadap Ranperda P-APBD TA. 2022 dan selanjutnya laporan diserahkan kepada ketua DPRD

Rapat dilanjutkan dengan penandatangana nota kesepakatan tentang Ranperda P-ABBD TA.2022 antara Pemerintah dan DPRD Kabupaten Padang Lawas.

Reporter : ASWIN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini